Diserang Buzzer, Ini Klarifikasi Ustadz Khalid Basalamah Tentang Lagu Indonesia Raya

Moeslimchoice - Berita   Sabtu, 29 Mei 2021

img

Diserang buzzer, ini klarifikasi ustadz khalid basalamah tentang lagu indonesia raya ustadz khalid basalamah diserang buzzer dengan menuding bahwa dia melarang untuk menyanyikan lagu indonesia raya. Tudingan berdasarkan potongan video ceramahnya yang diviralkan melalui media sosial. Dalam potongan video ceramah tersebut ustadz khalid basalamah dikesankan menyarankan jamaahnya agar tidak ikut-ikutan bernyanyi lagu kebangsaan indonesia raya. Dia bilang, dari pada lagu kebangsaan, lebih baik mengaji.

Menanggapi tudingan tersebut ustadz khalid basalamah pun membantahnya. Bantahan itu disampaikan dalam bentuk video yang disebarluaskannya melalui chanel youtube khalid basalamah official. Dalam bantahannya, ustadz khalid basalamah membuka videonya dengan opening pernyataan bahwa ia sangat bangga dan bersyukur kepada allah karena jadi orang indonesia “saya pribadi sangat bangga jadi orang indonesia dan bersyukur kepada allah swt. Saya termasuk orang yang tidak setuju mengatakan indonesia negara toghut karena belum terapkan islam, ini dari mana ini?” katanya.

“jalankan, patuhi pemimpin. Tidak boleh kita melanggar. Memang harus kita patuhi selama hal-hal itu tidak berbau pelanggaran dalam beragama,” tambahnya. Selanjut, dalam video berdurasi 5 menit 48 detik tersebut, ustadz khalid basalamah mengungkapkan bahwa peristiwa yang menuding ia melarang menyanyikan lagu indonesia raya, terjadi pada pengajian di sebuah masjid di jatinegara tahun 2017 lalu.

Kala itu ia sedang menanggapi pertanyaan dari dari jamaah yang ia dan anaknya merasa terbebani karena harus ikut menyanyikan lagu indonesia raya di sekolah. Sang orang tua khawatir akan ditegur jika tidak ikut. “dan dia (orang tua penanya) yang saya tangkap dari pertanyaan itu dia tidak ingin ikut,” katanya sesuai dengan pertanyaan tersebut, ustadz khalid basalamah pun menyarankan tidak usah ikut jika memang dia merasa terbebani. “saya sedang membahas tentang keluhan dia.

Tentang keluhan ikut dia atau pun anaknya di sekolah. Jadi bukan sedang membahas sebenarnya tentang syair dan lagu indonesia raya,” ungkap usatadz khalid basalamah. Selanjutnya ustadz khalid basalamah mengungkapkan bahwa, “kita semua warga indonesia pasti paham bahwa syair-syair ini semua disusun oleh pejuang-pejuang kita, justru menjadi sebuah motivasi agar semua warga indonesia siap berjuang. Saya pun secara pribadi sangat memahami masalah itu”.

“dan kalau bukan karena mencintai dan memperjuangkan negeri tercinta indonesia ini, maka mungkin kami tidak akan selalu mengadakan live setiap hari menyampaikan agama allah, dan agama allah isinya semua kebaikan dan melarang dari hal-hal yang buruk. Kemudian mendukung pemerintah dalam setiap kegiatan positif. Melarang dan meredam masyarakat yang ingin membuat keonaran dan pemberontkan,” katanya. “itu semua yang kami kumandangkan agar kita semua bisa bersinergi dalam menjaga ketentraman dan kemakmuran indonesia.

Dan hampir disetiap ta’lim, kalau teman-teman mengikuti diakhirnya saya selalu berdoa kepada allah swt agar negara indonesia tercinta ini ini menjadi negara yang aman, tentram, damai, dan utang-utangnya semua terlunasi dan allah memberikan petunjuk para pemimpin kita agar bisa kembali kepada ajaran allah swt,” tambahnya. Selanjutnya, dengan klarifikasi ini ustadz khalid basalamah berharap isu yang sedang tersebar yang menyatakan bahwasanya kesanya dalam tanda kutip ia melarang untuk mengikuti nyanyian atau lantunan syair indonesia raya itu bisa dipahami dengan akal yang sehat. “dan saya berharap semoga allah berikan hidayah bagi teman-teman yang memang menjadikan kami sebagai momen yang akhir menjadi momen atau sebuah isu yang dijadikan dalam tanda kutip untuk melahirkan permusuhan atau pemahaman atau kesalah pahaman terhadap salah satu warga indonesia yang berusaha berjuang selama ini untukmempertahankan keutuhan nkri,” ungkapnya. View this post on instagram a post shared by khalid z.a basalamah (@khalidbasalamahofficial) a post shared by khalid z.a basalamah (@khalidbasalamahofficial) “dan bagi saya, saya bangga sekali menjadi warga indonesia dan saya akan terus memperjuangkan kemerdekaan indonesia, kemakmurannya, ketentramannya dan juga bagaimana masyarakatnya agar bisa menjadi orang-orang yang baik, orang yang patuh pada pemerintah, orang yang berusaha menerapkan peraturan-peraturan sebagaimana yang sudah kami pelajari dan kaidah-kaidah syar’i,” katanya.

“ini dari saya, semoga bermanfaat dan semoga allah swt menjaga negara kita agar selalu menjadi negara yang aman, tentram, damai dan allah menyatukan hati-hati kita seluruh warga negara indonesia ini agar sama-sama menyadari tentang nikmat kemerdekaan,nikmat ketentraman,” ungkap ustadz khalid basalamah. “dan juga saya secara pribadi menyatakan bahwa syair-syair dilantunkan untuk kemerdekaan indonesia ini adalah bagian yang dibolehkan dalam syariat. Yang dibahas oleh para ulama hanya masalah alat musiknya. Mudahan ini semua bisa dipahami dengan baik dan allah selalu menyatukan hati kita diatas nikmat iman di atas islam di atas nikmat kesatuan dan persatuan,” tutupnya.


Baca Juga

0  Komentar