No One Ever Said It Would Be This Hard...

Cnbcindonesia-market   Rabu, 24 Maret 2021

img

No one ever said it would be this hard... Jakarta, cnbc indonesia - pasar keuangan indonesia mengalami koreksi pada perdagangan kemarin. Indeks harga saham gabungan (ihsg) dan nilai tukar rupiah terhadap dolar amerika serikat (as) melemah. Kemarin, ihsg ditutup di 6.156,14 atau terpangkas 1,54% dibandingkan hari sebelumnya.

Ihsg senasib dengan indeks saham asia lainnya, yang juga terkoreksi lumayan dalam. Di hong kong dan tokyo, koreksinya lebih dari 2%. Sementara rupiah menutup perdagangan pasar spot di posisi rp 14.420/us$ atau melemah 0,21%. Sepanjang bulan ini, rupiah sudah melemah 1,19% secara point-to-point.

Sepertinya investor khawatir dengan perkembangan pandemi virus corona (coronavirus disease-2019/covid-19), terutama di eropa. Organisasi kesehatan dunia (who) melaporkan, jumlah pasien positif corona di benua biru per 24 maret 2021 adalah 43. 099. 204 orang.

Bertambah 207.424 orang dibandingkan hari sebelumnya. Dalam sepekan terakhir, rata-rata penambahan pasien positif adalah 215.930 orang per hari. Lebih tinggi dibandingkan rerata sepekan sebelumnya yaitu 192.688 orang per hari. Perkembangan ini membuat sejumlah negara kembali memberlakukan kebijakan karantina wilayah (lockdown).

Jerman memperpanjang lockdown hingga 18 april 2021 sehingga masyarakat negeri panser terpaksa merayakan musim libur hari paskah #dirumaaja. "ide penutupan aktivitas masyarakat saat hari paskah disusun untuk tujuan yang baik. Kita sangat perlu untuk menghentikan gelombang serangan ketiga (third wave outbreak). Ini adalah tanggung jawab saya seorang, saya memohon maaf kepada seluruh rakyat jerman," kata angela merkel, kanselir jerman, sebagaimana diwartakan reuters.

Prancis juga menerapkan lockdown di tujuh daerah, termasuk ibu kota prancis, selama sebulan. Jam malam pun diberlakukan yaitu pukul 19:00. Pemerintah belanda juga memperpanjang lockdown hingga 20 april 2021. Warga negeri kincir angin dianjurkan untuk tidak bepergian ke luar negeri sampai 15 mei 2021.

Jam malam juga diberlakukan yaitu pukul 22:00. "angka pasien positif corona yang membutuhkan perawatan intensif meningkat. Gelombang serangan ketiga mulai terlihat nyata, itu yang membuat kebijakan ini (lockdown) diperpanjang. Kita harus menghadapi ini bersama-sama," kata mark rutte, perdana menteri belanda, seperti dikutip reuters.


Baca Juga

0  Komentar