Saham Eropa Naik Tipis Cermati Musim Pendapatan

Investor   Rabu, 14 April 2021

img

Saham eropa naik tipis cermati musim pendapatan i nvestor.id – bursa saham eropa ditutup naik tipis pada perdagangan rabu (14/4/2021) waktu setempat dengan pan-european stoxx 600 mengakhiri sesi menguat 0,2%. Investor mencermati musim pendapatan perusahaan dan perkembangan vaksin covid-19. Saham-saham di eropa menerima pengaruh positif dari kawasan asia-pasifik, di mana saham teknologi tiongkok yang terdaftar di bursa hong kong melonjak pada rabu setelah 12 perusahaan besar mengisyaratkan kepatuhan dengan undang-undang antitrust. Di amerika serikat, saham ditutup bervariasi di tengah musim laporan keuangan dengan bank-bank besar as termasuk goldman sachs, jpmorgan chase dan wells fargo merilis pendapatannya.

S&p dan nasdaq dibebani oleh saham terkait teknologi termasuk apple inc, microsoft corp dan tesla inc. Sebaliknya, dow terkerek oleh saham goldman sachs group inc dan wells fargo & co, masing-masing naik 2,3% dan 5,5% karena keuntungan besar pada kuartal pertama. Fokus pasar juga pada perkembangan terbaru vaksin setelah otoritas kesehatan as pada selasa (13/4/2021) merekomendasikan menghentikan distribusi vaksin covid-19 johnson & johnson menyusu; enam wanita di bawah usia 50 mengalami pembekuan darah langka. Johnson & johnson mengumumkan akan menunda peluncuran vaksin di eropa, sementara afrika selatan juga menangguhkan penggunaannya.

Di sisi lain, komisi eropa mengumumkan kesepakatan baru dengan pfizer dan biontech untuk menambah 50 juta dosis dan akan dikirim pada kuartal keempat. Dalam berita perusahaan, credit suisse mengatakan kepada investor pada selasa bahwa pinjaman senilai us$ 2,3 miliar terkena ketidakpastian imbas rantai pasokan greensill capital. Kepala ekonom hawkish bank of england andy haldane akan mundur setelah pertemuan komite kebijakan moneter juni, bank mengumumkan selasa. Di sisi data, industri zona euro turun 1% pada februari dari bulan sebelumnya, menurut angka eurostat yang diterbitkan rabu.

Ekonom yang disurvei oleh reuters memperkirakan penurunan bulanan 1,1%. Musim pendapatan sementara musim penghasilan perusahaan sedang berlangsung, emiten grup barang mewah perancis lvmh naik pada kuartal pertama didukung permintaan dari tiongkok dan amerika untuk tas tangan louis vuitton dan produk dior. Saham lvmh naik 2,9% pada rabu. Raksasa perangkat lunak jerman sap sedikit menaikkan prospek pendapatan 2021 setelah pendapatan kuartal pertama menunjukkan kemajuan kuat dalam penjualan cloud.

Hal ini membuat saham sap naik 1,1%. Jaringan supermarket inggris tesco melaporkan penurunan laba tahunan 14,7%, meskipun penjualan tetap tangguh. Saham tesco turun 2%. Sementara maskapai berbiaya murah easyjet memperkirakan kerugian fiskal pada semester pertama sebelum pajak sekitar £ 690 juta (us$ 950,6 juta) dan £ 730 juta.


Baca Juga

0  Komentar