Wall Street Melonjak, Dow Naik 433 Poin

Investor   Jumat, 14 Mei 2021

img

Wall street melonjak, dow naik 433 poin investor.id – tiga indeks utama saham di wall street melonjak tajam pada penutupan perdagangan kamis (jumat pagi wib), bangkit kembali dari aksi jual ( sell off ) tiga hari berturut-turut di tengah data pasar tenaga kerja yang positif. Dow jones industrial average melonjak 433,79 poin atau 1,29% menjadi 34.021,45 poin. Indeks s&p 500 rebound 49,46 poin atau 1,22% menjadi 4.112,50 poin. Nasdaq composite terangkat 93,31 poin atau 0,72% menjadi 13.124,99 poin.

Sepuluh dari 11 sektor utama s&p 500 berakhir di zona hijau, dengan sektor industri dan keuangan masing-masing terdongkrak 1,9% dan 1,87%, memimpin keuntungan. Sementara itu, sektor energi jatuh 1,35%, satu-satunya sektor yang menurun, menyusul kemerosotan harga minyak. Data ekonomi baru-baru ini telah memicu kekhawatiran inflasi karena kelangkaan bahan dan pekerja mengancam harga-harga yang melonjak dalam menghadapi lonjakan permintaan. Sentimen ini telah memicu aksi jual masif di wall street, kemarin.

Namun, optimisme investor kembali penuh harapan dari penyamaan permintaan/penawaran. “sektor dan saham yang terkena dampak paling signifikan oleh aksi jual kemarin rebound kuat hari ini mengingat bahwa pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan tetap kuat sepanjang tahun dan setiap inflasi cenderung bersifat sementara,” kata david carter, kepala investasi di lenox wealth advisors di new york. Permohonan baru untuk tunjangan pengangguran terus menurun, menurut data klaim pengangguran dari departemen tenaga kerja yang mencapai level terendah 14 bulan. Data departemen tenaga kerja juga menunjukkan harga-harga produsen melonjak bulan lalu, membangun narasi lonjakan inflasi dari laporan harga konsumen pada rabu (12/5/2021).

"hantu inflasi kembali tepat pada waktunya," kata carter. "dan akan terus menakuti pasar selama beberapa bulan mendatang." tetapi kenaikan harga-harga telah diantisipasi secara luas, dan federal reserve as telah berulang kali memberikan jaminan bahwa mereka tidak memperkirakan lonjakan tersebut berubah menjadi inflasi jangka panjang yang berkelanjutan. Sementara tesla melanjutkan penurunannya setelah bos elon musk menggandakan penolakannya yang tiba-tiba terhadap mata uang digital bitcoin. Editor : listyorini (listyorini205@gmail.com).


Baca Juga

0  Komentar