Amankan Paskah, Tim Penjinak Bom Sisir Gereja di Yogyakarta

CNN Indonesia - Peristiwa   Kamis, 1 April 2021

img

Amankan paskah, tim penjinak bom sisir gereja di yogyakarta yogyakarta, cnn indonesia -- tim penjinak bom (jibom) detasemen gegana satbrimob polda di yogyakarta (diy) melakukan sterilisasi pada sejumlah gereja di kota yogyakarta, kamis (1/4). Kegiatan ini untuk memastikan keamanan rangkaian perayaan paskah. Salah satu di antaranya gereja katolik santo antonius, kotabaru, gondokusuman, yogyakarta yang tetap menyelenggarakan ibadah misa tatap muka selama situasi pandemi virus corona (covid-19). Sterilisasi menyasar setiap sudut bangunan.

Mulai dari altar, panti imam, ruang umat, serambi, dan bagian luar gereja. Pemeriksaan menggunakan metal detector, mirror detector, hingga endoskop. #div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } kanit jibom detasemen gegana satbrimob polda diy iptu agus setyono mengatakan sterilisasi ini merupakan upaya peningkatan kewaspadaan usai serangan bom bunuh diri di gereja katedral makassar, sulawesi selatan, minggu (28/3). "tujuan kami sterilisasi ini memberikan keyakinan terhadap masyarakat bahwa di tempat ini memang aman dari bahan peledak maupun bom," kata agus, kamis (1/4).

Agus menyatakan pihaknya tak mendapati barang-barang yang mencurigakan maupun membahayakan. Menurutnya, gereja dalam keadaan steril, aman, sehingga sudah siap melaksanakan perayaan paskah. "setelah itu kita serah terimakan kepada pihak gereja maupun rekan kami yang dari polsek untuk nanti menjaga sampai nanti kegiatan benar-benar aman," ujarnya. Selain gereja katolik santo antonius, sterilisasi juga dilakukan di gereja hati kudus yesus, pugeran, dan gereja katolik santo fransiskus xaverius kidul loji.

Pengamanan ini berakhir sampai rangkaian perayaan paskah. Penyelenggaraan misa paskah di gereja santo antonius tahun ini diselaraskan dengan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19. Jumlah jemaat dibatasi maksimal 360 orang dari normalnya yang sampai ribuan jemaat. Para jemaat wajib melakukan registrasi lewat situs resmi milik paroki.

Jemaat terdaftar duduk di bangku bernomor yang sudah diatur berjarak antara satu dengan lainnya. Pendaftaran ini diperuntukkan demi keperluan penelusuran kontak atau tracing. "ketika nama (jemaat) itu tidak ada dalam database kami otomatis tidak bisa ikut. Nanti ketika perayaan ekaristi umat yang sudah mendaftar wajib membawa girik sebagai tanda masuk," kata eka rahayu, bagian administrasi umum sekretariat paroki santo antonius padua kotabaru.

Eka meyakini kalangan jemaat merasa khawatir usai serangan bom bunuh diri di gereja katedral makassar. Ia mempercayakan keamanan sepenuhnya kepada pihak keamanan gereja, polri, maupun tni. "kekhawatiran pasti ada, tetapi tidak sampai membuat mereka takut datang ke gereja. Tetap bisa beribadah," ujarnya.


Baca Juga

0  Komentar