Beredar Foto Anies Baswedan Disebut Bertemu Pimpinan ISIS, Ini Faktanya

Makassar Terkini   Selasa, 30 Maret 2021

img

Beredar foto anies baswedan disebut bertemu pimpinan isis, ini faktanya terkini.id, jakarta – sebuah foto yang memperlihatkan gubernur dki jakarta anies baswedan dan hidayat nur wahid (hnw) disebut bertemu dengan pimpinan isis, beredar di media sosial. Foto anies baswedan dan hnw tersebut viral usai dibagikan pengguna twitter widarto720943749, seperti dilihat pada selasa 30 maret 2021. Dalam narasi cuitannya, netizen widarto720943749 meminta warganet agar waspada terhadap anies dan hnw. “waspada…!!! hnurwahid aniesbaswedan,” tulisnya.

Dalam foto tersebut, tampak tertulis narasi ‘ini foto anies dan syeikh yusuf al-qoradhawi, pimpinan isis’. Namun, berdasarkan penelusuran tim cekfakta tempo foto anies baswedan bersama hidayat nur wahid dan yusuf al-qaradawi tersebut telah beredar sejak 2017. Dengan menggunakan reverse image tools yandex, dapat ditemukan jejak digital bahwa foto itu ramai dibagikan di twitter dan forum kaskus pada februari-maret 2017. Akan tetapi, sejauh ini belum ada bukti yang mendukung pernyataan bahwa yusuf al-qaradawi berafiliasi dengan isis.

Mengutip kumparan.com, yusuf al-qaradawi adalah ahli ijtihad (tafsir) yang lahir di kairo, mesir, pada september 1926. Pada 1949, saat berusia 23 tahun, qaradawi pernah dipenjara karena terlibat gerakan ikhwanul muslimin. Setahun sebelumnya, ikhwanul muslimin dibekukan oleh perdana menteri mesir muhammad fahmi naqrasyi karena dicurigai terlibat upaya pengeboman dan pembunuhan. Keterlibatan qaradawi dengan ikhwanul muslimin bermula dari pertemuannya dengan hassan al-banna, pendiri organisasi tersebut.

Qaradawi juga pernah menjabat sebagai ketua majelis fatwa mesir, ketua persatuan cendekiawan muslim internasional, serta ketua dewan pengawas islamic american university. Melansir media inggris telegraph, yusuf al-qaradawi pernah mengecam deklarasi khilafah yang digaungkan pemimpin isis abu bakar al-baghdadi pada 2014. Saat itu, baghdadi menyebut dirinya khalifah yang bernama ibrahim. Menurut qaradawi, deklasari itu melanggar hukum syariah dan memiliki konsekuensi yang berbahaya bagi kaum sunni di irak dan pemberontakan di suriah.

“khalifah pun hanya dapat diberikan oleh seluruh kaum muslim, bukan oleh satu kelompok,” kata qaradawi kala itu. Sementara situs turnbackhoax.id yang pernah memeriksa fakta foto tersebut pada 2017 mengungkap bahwa yusuf al-qaradawi bukan pentolan atau pendiri isis. Bahkan, beberapa pernyataan qaradawi justru mengkritisi sepak terjang isis. Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa narasi foto yang menyebutkan anies baswedan dan hidayat nur wahid bertemu dengan pimpinan isis yusuf al-qaradawi merupakan klaim yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.


Baca Juga

0  Komentar