Drama Sidang Habib Rizieq: Berontak, Jurus Diam, Kini Bisa Tatap Muka

Repelita - Berita   Selasa, 23 Maret 2021

img

Drama sidang habib rizieq: berontak, jurus diam, kini bisa tatap muka jakarta – persidangan dengan terdakwa habib rizieq shihab penuh dengan drama. Sidang diawali dengan drama pemberontakan habib rizieq yang menolak sidang online , ada juga jurus diam hingga berujung sidang offline. Sidang habib rizieq pertama kali digelar di pengadilan negeri jakarta timur (pn jaktim), selasa (16/3/2021). Saat itu majelis hakim, jaksa penuntut umum, dan pengacara habib rizieq hadir di ruang sidang secara langsung.sementara itu, habib rizieq mengikuti sidang secara virtual dari bareskrim polri.

Habib rizieq pun protes hingga berujung walkout. Pengacara habib rizieq juga protes hingga ngamuk di ruang sidang. Salah satu pengacara, novel bamukmin, juga sempat menunjuk-nunjuk majelis hakim. Majelis hakim kemudian memutuskan menunda sidang pembacaan dakwaan terhadap habib rizieq.

Sidang ditunda hingga 19 maret 2021. “sidang ditunda. Habib tetap di dalam tahanan, dan akan dibuka kembali pada jumat, 19 maret, jam 09.00,” ujar ketua majelis hakim suparman nyompa dalam persidangan, selasa (16/3). Habib rizieq kembali tolak sidang virtual habib rizieq kembali menolak mengikuti sidang virtual.

Dia menolak saat hendak dibawa dari rutan bareskrim polri pada jumat (19/3/2021). Hal tersebut terlihat dari siaran langsung yang disiarkan channel youtube pengadilan negeri jakarta timur (pn jaktim). Habib rizieq mempertanyakan mengapa dirinya dipaksa ikut sidang virtual. “kan saya tolak sidang online.

Kok saya dipaksa begini?” ujar habib rizieq. Mantan imam besar fpi ini menyampaikan penolakan itu saat dijemput tim jaksa penuntut umum. Dia menegaskan tak mau ikut sidang secara daring. “saya hendak mengikuti sidang offline , hadir di ruang sidang.

Sidang online saya tidak siap. Saya sudah sampaikan alasannya,” ucapnya. Hakim memerintahkan jaksa menghadirkan habib rizieq untuk mengikuti sidang virtual. Habib rizieq kemudian dibawa ke salah satu ruangan di bareskrim polri.

Dia terlihat memberontak. Habib rizieq mengaku dipaksa, didorong, dan dihinakan ke ruangan itu. “saya didorong, saya tidak mau hadir. Saya sampaikan ke majelis hakim, saya tidak ridho dunia-akhirat.

Saya dipaksa, didorong, dihinakan,” ucap habib rizieq. “silakan duduk dulu, saya jelaskan,” ujar majelis hakim memotong ucapan habib rizieq. Namun habib rizieq terus terlihat berdiri. Habib rizieq terus protes sambil berdiri meski diperintahkan duduk oleh majelis hakim.

Sidang tetap dilanjutkan dengan pembacaan dakwaan oleh jaksa. Jaksa mendakwa habib rizieq melakukan penghasutan sehingga menimbulkan kerumunan di petamburan, yang dianggap melanggar aturan mengenai pandemi virus corona (covid-19). Kerumunan itu terjadi berkaitan dengan undangan pernikahan putri habib rizieq sekaligus peringatan maulid nabi muhammad saw. “melakukan perbuatan di muka umum dengan lisan atau tulisan menghasut supaya melakukan perbuatan pidana kekarantinaan kesehatan sebagaimana pasal 93 undang-undang republik indonesia nomor 6 tahun 2018 tentang karantina kesehatan, melakukan kekerasan terhadap penguasa umum atau tidak menuruti baik ketentuan undang-undang,” ujar jaksa penuntut umum saat membacakan dakwaannya dalam persidangan di pengadilan negeri jakarta timur (pn jaktim), jumat (19/3).

Habib rizieq juga didakwa melakukan tindakan tidak patuh protokol kesehatan dan menghalang-halangi petugas covid-19. Hal ini terjadi saat habib rizieq mendatangi pondok pesantren miliknya di kawasan megamendung, kabupaten bogor. Selain itu, habib rizieq didakwa melakukan perbuatan menghalangi penanggulangan wabah covid -19. Hal ini karena habib rizieq tidak mau memberikan informasi terkait hasil pemeriksaan tes swab-nya.

“membuat surat pernyataan yang pada pokoknya tidak mau memberikan informasi terkait hasil pemeriksaan terdakwa yang positif covid-19, merupakan tindakan dengan sengaja menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah,” ujar jaksa penuntut umum saat membacakan dakwaannya dalam persidangan di pengadilan negeri jakarta timur (pn jaktim). Hakim putuskan sidang offline, rizieq bisa datang ke pn jaktim terbaru, majelis hakim mengabulkan permohonan tim penasihat hukum habib rizieq terkait sidang offline. Sidang habib rizieq akan digelar secara langsung dalam perkara dugaan hasutan berbuntut kerumunan di petamburan dan tebet. “memerintahkan penuntut umum untuk menghadirkan terdakwa dalam persidangan pada setiap hari sidang,” kata hakim ketua suparman nyompa dalam sidang di pn jaktim, selasa (23/3/2021).

Majelis hakim kemudian mencabut penetapan sidang online rizieq shihab melalui penetapan nomor 221/pidsus/2021. Sidang lanjutan dengan terdakwa rizieq shihab bakal diselenggarakan secara offline. Hakim meminta penasihat hukum mematuhi jaminan yang telah diserahkan. Apabila dilanggar, pelaksanaan sidang offline akan ditinjau kembali.


Baca Juga

0  Komentar