Jika Pemudik Lolos Jalan Tikus, Siap-siap Terjaring Aparat RT RW Setempat

Pikiran Rakyat   Jumat, 30 April 2021

img

Jika pemudik lolos jalan tikus, siap-siap terjaring aparat rt rw setempat pikiran rakyat - pemkab sumedang, jawa barat, menginstruksikan rt, rw dan pemerintahan desa setempat tak segan-segan memberikan sanksi isolasi mandiri, bagi pemudik yang lolos dari penyekatan. Tidak dimungkiri oleh pemkab sumedang, di antara para pemudik ada yang mencoba jalan tikus dan lolos. "kalau ada pemudik yang kadung lolos dari penyekatan aparat dengan menggunakan jalan tikus, tetap saja akan terjaring rt, rw, dan aparat desa di kampung halamannya. Kalau terjaring, akan didata lalu harus menjalani isolasi mandiri 14 hari," ujar wakil bupati sumedang erwan setiawan, di lantai 3 aula tampomas kantor induk pusat pemerintahan (ipp) pemkab sumedang.

Menurut dia, pemkab sumedang bersama aparat tni/polri, tak akan memberikan toleransi dan kelonggaran bagi para pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya di kabupaten sumedang. Ketegasan itu diberlakukan untuk kebaikan masyarakat juga dalam mencegah penyebaran dan penularan covid-19 pada momentum mudik idul fitri 2021. "jangan sampai seperti kejadian di india. Awalnya penanganan covid-19 sangat bagus hingga penularan dan penyebaran pada november 2020 sampai maret 2021 turun drastis,” ucapnya.

Namun, karena lengah dalam prokes, justru sekarang terjadi lonjakan kasus covid-19 yang begitu fantastis. “selain itu, berkaca pada pengalaman tahun sebelumnya ketika penerapan psbb (pembatasan sosial berskala besar). Penularan virus corona dari kluster pemudik, penyumbang terbesar hingga 82%. Oleh karena itu, dalam mengantisipasi pemudik pada lebaran tahun ini, pelarangannya harus benar-benar ekstra ketat," tutur erwan.


Baca Juga

0  Komentar