Pemuda Siksa Satwa Langka Viral, BKSDA: Kemungkinan Lokasinya di Sumbar

Covesia   Kamis, 1 April 2021

img

Pemuda siksa satwa langka viral, bksda: kemungkinan lokasinya di sumbar covesia.com – sebuah video yang berisikan konten penganiayaan terhadap satwa langka viral di media sosial. Dalam video yang berdurasi 28 detik tersebut itu terlihat sejumlah remaja laki-laki menarik -narik ekor satwa langka dilindungi jenis simpai atau surili sumatera (presbytis melalophos) menyakiti satwa langka itu dengan menarik-narik ekornya. Di video itu terlihat simpai tersebut menjerit ketakutan dan berlari ke arah sungai sementara itu terlihat remaja-remaja itu tertawa dan berbicara dengan logat bahasa daerah sumatera barat. Video tersebut juga di bagikan akun instagram @jakartaanimalaidnetwork dan ditonton puluhan ribu netizen.

Pengendali ekosistem hutan balai konservasi sumber daya alam (bksda) sumbar ade putra mengatakan saat ini pihaknya sedang menelusuri lokasi kejadiannya, yang diperkirakan di sumbar. Pihaknya sudah menyebarkan pengumuman dan menyebarkan video tersebut di media sosial untuk mencari pelaku penganiayaan itu. “kemungkinan lokasinya di sumbar. Saat ini sedang kita telusuri,” kata ade, kamis (1/4/2021).

Dijelaskan ade, simpai adalah jenis primata dari famili cercopithecidae. Hewan tersebut adalah satwa endemik khas sumatera dan dilindungi uu nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam dan ekosistem. “setiap orang dilarang menangkap, melukai, membunuh, memiliki, menyimpan, memelihara, mengangkut dan memperniagakan satwa dilindungi baik dalam keadaan hidup, mati ataupun bagian-bagian tubuhnya serta hasil olahannya. Sanksinya adalah pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda rp 100 juta,” tutup ade.


Baca Juga

0  Komentar