Sandiaga Targetkan RI Jadi Destinasi Wisata Pertualangan Nomor 1 Asia Tenggara

Tempo   Rabu, 7 April 2021

img

Sandiaga targetkan ri jadi destinasi wisata pertualangan nomor 1 asia tenggara menparekraf sandiaga uno dalam kunjungan kerjanya ke jawa tengah, melakukan kunjungan ke saloka theme park, kamis (1/4/2021). Dok.kemenparekraf tempo.co, jakarta - menteri pariwisata dan ekonomi kreatif sandiaga uno menargetkan indonesia menjadi destinasi petualangan nomor wahid di asia tenggara. "kemenparekraf akan selalu siap mendukung karena peluang usaha di wisata jenis ini sangat besar, dan akan membuka banyak lapangan kerja," kata sandiaga lewat akun instagramnya @sandiuno, rabu, 7 april 2021. Untuk merealisasikan itu, kemenparekraf akan berkolaborasi dengan indonesia adventure travel trade association (iatta).

Iatta merupakan asosiasi yang menaungi seluruh asosiasi-asosiasi wisata petualangan di seluruh indonesia. Tugasnya adalah menyatukan pandangan untuk penyusunan standar pedoman wisata petualangan. "kami yakin justru dengan kami berkolaborasi ini akan timbul yang tidak terpikirkan sebelumnya (dalam pengembangan wisata)," ujarnya. Salah satu destinasi wisata yang akan dikembangkan adalah arung jeram di kawasan citarik, sukabumi, jawa barat.

Kawasan wisata tersebut nantinya diharapkan dapat limpahan pengunjung dari kawasan ekonomi khusus pariwisata yang akan dikerjakan di kawasan lido, jawa barat. Kek lido adalah kek pariwisata dengan rencana bisnis pengembangan atraksi di antaranya theme park atau taman hiburan kelas dunia, lapangan golf serta retail and dining. Kemudian, pengembangan akomodasi resor mewah bintang enam, hotel berbintang lainnya, dan pengembangan ekonomi kreatif yakni studio film dan festival musik. Kehadiran taman hiburan yang akan dibangun di dalam kek lido diprediksi akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara hingga mencapai 63,4 juta orang sampai 2038 atau rata-rata 3,17 juta wisatawan per tahun.


Baca Juga

0  Komentar