Sandyawan Inisiasi Patungan Rakyat Sediakan Tabung Oksigen dan Ventilator

Msn - Berita   Minggu, 4 Juli 2021

img

Sandyawan inisiasi patungan rakyat sediakan tabung oksigen dan ventilator tempo.co, jakarta - aktivis sandyawan sumardi menginisiasi gerakan kemanusiaan yang diberi nama 'patungan rakyat' untuk membantu penyediaan tabung oksigen hingga ventilator. Gerakan ini juga bertujuan membantu kebutuhan kritikal lain bagi para penderita covid-19, khususnya bagi warga tidak mampu. "ini merupakan gagasan seminggu lalu, ketika kami semakin menyadari kondisi semakin menggilanya covid-19 di negeri kita, terutama di ibu kota ini," kata sandyawan kepada tempo, ahad, 4 juli 2021. Pria yang akrab disapa romo sandyawan itu menjelaskan bahwa rumah sakit sudah tidak mampu lagi menampung pasien covid-19.

Karena itu, banyak warga yang terpapar corona terpaksa berobat sendiri dalam isolasi mandiri. "namun dalam situasi ini, yang sangat memperparah adalah kelangkaan oksigen dan harga tabung oksigen yang melambung," kata sandyawan. Sandyawan bercerita gerakan patungan rakyat untuk memenuhi kebutuhan tabung oksigen dan ventilator ini pertama dilontarkan bersama 10 orang lainnya. Patungan rakyat tersebut kemudian didukung oleh para peneliti, aktivis, dosen, wartawan senior, arsitek dan lain-lain.

"ini forum independen, non partisan, non sektarian." selanjutnya gerakan ini sudah meminjamkan dua tabung oksigen dan membantu biaya pcr butuh dan petani menurut sandyawan gerakan ini baru punya dua unit tabung oksigen dan sudah pernah dipinjamkan kepada pasien covid-19 yang meminta bantuan. Selain itu, mereka juga telah memberi bantuan dana langsung. "untuk biaya pcr, misalnya kemarin ada empat orang. Tiga di antaranya adalah buruh dan satu petani," kata dia.

Sandyawan mengatakan pengumpulan dana warga pada saat ini ditampung melalui rekening pribadinya di bank bca dengan nomor 3420315251. Namun patungan rakyat berencana menggunakan platform kitabisa.com. Adapun sekretariat untuk mengakses bantuan tabung oksigen ini bisa mendatangi ke sanggar daya kemanusiaan di jalan pemancingan bahri, jalan kp. Sumur utara nomor 7, rt 07/rw 10, klender, duren sawit, kota jakarta timur..


Baca Juga

0  Komentar